Sabtu, 06 Februari 2010

Konvoi Palang Merah di Gaza "Diguncang" Bom



Jumat, 05/02/2010 16:54 WIB Cetak | Kirim

Kaca jendela sebuah jeep rombongan Palang Merah hancur akibat ledakan ketika melintas di dekat perbatasan Gaza. Ledakan yang cukup keras itu mengejutkan konvoi Palang Merah yang khawatir ledakan tersebut merupakan serangan terhadap mereka. Meski selama dua tahun belakangan ini, tidak pernah terjadi serangan terhadap tim bantuan asing di Gaza.

Konvoi tersebut sedang dalam perjalanan ke luar Gaza yang rutin dilakukan setiap hari Kamis melewati rute perbatasan Erez, perbatasan Gaza-Israel, ketika terdengar ledakan keras. Menurut pihak Palang Merah, tidak ada korban dalam insiden tersebut.

"Konvoi sedang dalam perjalanan ke perbatasan Erez ketika ledakan terjadi di sisi jalan. Akibat ledakan yang cukup kuat, kaca-kaca jendela sebuah jeep kami pecah berantakan. Tapi setelah itu semua kendaraan melanjutkan perjalanan ke Erez," kata Eyad Naser, juru bicara Palang Merah Internasional di Gaza.

Warga sekitar Erez mengatakan, ledakan itu kemungkinan besar ledakan bom yang ditanam di jalan oleh Israel. Sementara pihak Hamas menyatakan, ledakan itu disebabkan oleh sisa granat-granat Israel yang tidak meledak. Meski belakangan ini, kelompok-kelompok Islamis radikal yang berafiliasi ke Al-Qaida di Gaza suka melakukan serangan bom ke tempat-tempat di Gaza seperti kafe-kafe dan sekolah-sekolah Kristen.

Kelompok itu menentang kekuasaan Hamas di Gaza dan mengkritik para pemimpin Hamas yang tidak menerapkan syariah Islam di Gaza. (ln/imemc/Ynet)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar